7 Jun 2011

ketika kita bicara tentang KEMANDIRIAN

kali ini saya bicara tentang kemandirian. seperti yang kita ketahui. mandiri itu ga segampang yang kalian kira. mandiri itu butuh proses yang cukup lama dan panjang. ga semua orang bisa mandiri. apa lagi orang yang dari kecil ga terbiasa ditinggal pergi oleh kedua orang tuanya dalam waktu yang cukup lama.
tapi menurut aku sendiri. mandiri itu gampang. iya gampang. sebelum aku bilang "gampang" ini. aku uda ngelewatin masa-masa dimana yang aku bilang tadi yaitu butuh proses yang lama dan panjang. proses lama disini artinya harus didasari dengan niat dari diri sendiri serta ajaran dan dorongan dari orang tua. dan proses panjang dalam artian adalah ga semua orang bisa mandiri dalam waktu yang cepat. katakan lah orang itu bisa mandiri di hari pertama, kedua, ketiga. sampe orang itu ga tahan lagi untuk keluar dari zona "mandiri" ini. aku akui, zona itu emang sangat sangat sulit, saat itu. hingga akhirnya sekarang aku bisa memutuskan bahwa mandiri itu gampang!
kenapa aku bisa bilang mandiri itu gampang? karena :
  • dari kecil kelas 6 SD aku uda mulai ditinggal sama orang tua untuk bekerja dan kuliah. karena sebelumnya orang tua bilang kalo bekerja dan kuliah ini semata2 hanya untuk kebutuhan aku dan adik kelak.
  • orang tua aku sering menyuruh orang lain seperti tetangga atau temen deket ibu/ayah untuk menjagaku sewaktu orang tua aku bekerja dan kuliah. aku hanya mengikuti apa yang orang tua lakukan. apa lah yang diketahui anak berusia 10 tahun saat itu.
  • aku dibekali dan disugesti kalimat-kalimat untuk hidup mandiri. misalnya "kalo bisa ngelakuin sesuatu dengan sendiri, lakukan", "jangan selalu bergantung terhadap orang lain", "jangan hidup hanya untuk menyusahkan orang".
  • dengan kata-kata itu, dari kecil aku uda terbisa ngelakuin hal dengan sendiri.
dari point2 itu dulu juga diterapkan pada adiku satu2nya, Idam. hingga aku dan adiku bisa hidup mandiri walaupun jauh dari orang tua, sampe sekarang ini. 
dan jangan kalian berfikir kalo hidup mandiri ini enak. kata enak disini artinya ga teralu dalam pengawasan orang tua. ga terlalu dijaga ketat dan ga terlalu bebas. kalian yang jauh dari orang tua bisa pergi kemana aja sesuka hati kalian tanpa ada yang ngelarang, tanpa harus pamit dulu pada orang tua. bisa ngelakuin apapun tanpa sepengetahuan orang tua dan sebagainya. tapi kalian salah besar jika menganggap hal ini "enak" atau apa lah. di blog ini aku mau ngasi tau kalo hidup mandiri itu juga terkadang melelahkan. karena segala yang kamu lakukan itu harus dengan sendirian. ga ada campur tangan orang tua sedikitpun. dan melakukan hal dengan sendiri itu pun uda ada niat dari diri kamu hingga semuanya bisa kamu lakukan dengan baik. tapi ga selamanya itu juga baik. itu juga menjadi hal yang melelahkan diri kita teman.
sapa sih yang mau jauh dari orang tua? semua orang pasti ingin hidup dan tinggal satu atap dengan orang tua. aku dan idam, sebenarnya ga ingin hidup mandiri seperti ini. jika disuruh milih, aku akan memilih tinggal serumah dengan orang tua, dan pasti itu sangat menyenangkan. tapi Allah punya rencana lain. memindahkan bunda ke Ternate untuk ngajar jadi Dosen setelah dulu menempuh studi S3 di UGM dan akhirnya harus berpindah ke Maluku Utara, Ternate. jika bunda ga harus ke ternate, kita semua juga bisa hidup dengan orang tua seperti temen-temen aku yang sangat bahagia hidup dengan orang tua mereka. aku wajar punya perasaan seperti ini. bukan hanya aku. adik aku juga sepertinya merasakan hal yang sama. setelah kita berdua ngobrol bareng disuatu warung makan. kita berdua merasa kesepian yang teramat sangat. yang bisa disimpulkan, kita berdua kangen sama bunda! 
dari kecil kita uda jauh dari bunda, dan itu berkali kali aku crita di blog ini. kita kangen diperhatiin. kita kangen dimarahin. kita kangen dimasakin. kita kangen tidur bareng. nonton bareng. makan bareng. jalan-jalan bareng, seperti yang dilakukan teman-teman dengan orang tuanya. yang kita lakukan setahun sekali kalo bunda ada dijogja. kita kangen semuanya. setelah kita hidup dengan kemandirian. yang segalanya harus kita lakukan dengan sendiri. bener-bener sendiri. kita (aku dan Idam) juga ga bisa nyalahin keadaan. nyalahin bunda dengan kesibukannya. karena itu yang puncak dan jembatan buat kita dan kehidupan kami (bunda, aku dan idam) kelak. dan dari itu juga kamu semua alhamdulillah masi bisa hidup. dan setelah ngobrol bareng itu kita berdua hanya bisa saling menguatkan dan saling menyemangati. disana bunda kerja keras banting tulang hanya untuk kita. dan kita yang lebih muda harus jauh bisa kuat dari yang bunda lakukan. agar kita bisa hidup bahagia bersama.
ga salah kan kalo kita punya rasa yang seperti itu suatu saat hati contohnya sekarang ini? dan rasa kangen akan hal itu uda terbayarkan dengan perbincangan dan komunikasi dengan bunda yang sama sekali ga pernah putus. hingga akhirnya bisa kita simpulkan bahwa hidup mandiri itu gampang! :D
jadi buat temen-temen yang mau hidup mandiri, harus siap dari diri sendiri dulu. habis itu niat yang baik. dan minta bantuan dari orang tua akan hal itu. mandiri itu gampang kok. dan InsyaAllah akan berguna juga buat kita kedepannya kelak :)
 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Siti Aida Khadijah Khalid Blogger Template by Ipietoon Blogger Template